Halaman

GEJALA KLINIS PENYAKIT GAGAL JANTUNG

Gejala Klinis Gagal Jantung
Gagal Jantung
Gagal Jantung Kiri Akut merupakan gangguan multisistem akut karena fungsi bilik kiri jantung terganggu secara primer sehingga terjadi adaptasi hemodinamik dan neurohormonal yang bertujuan meningkatkan fungsi mekanik jantung, atau berupa ketidakmampuan miokard (bilik kiri) untuk memompa darah guna memenuhi kebutuhan metabolik tubuh atau adanya peningkatan abnormal dan tekanan/isi bilik bilik jantung.

 GEJALA KLINIS PENYAKIT GAGAL JANTUNG

Ada beberapa Gejala Klinis Penyakit Gagal Jantung diantaranya  :

Takikardia: peningkatan denyut jantung akibat peningkatan tonus simpatik. Penurunan curah jantung dan tekanan darah meningkatkan denyut jantung melalui baroreseptor di aorta dan arteri karotis.

Pernapasan Cheynes-Stokes:
 mekanisme pernapasan ini belum jelas pada GJA. Diduga terdapat peningkatan sensitifitas pusat pernapasan terhadap peningkatan tekanan karbondioksida dalam darah.

Sianosis:
penurunan tekanan oksigen di jaringan perifer dan peningkatan ekstraksi oksigen yang terjadi pada GJA akan mengakibatkan peningkatan Methemoglobin (reduced Hb) kira-kira 5 g/100 ml, sehingga timbul sianosis.

Pulsus alternans: terdapat pada penderita GJA yang berat karena terdapat variasi tekanan sistolik lebih dari 5 mmHg. Pulsus alternans ini dapat ditengarai dengan palpasi pada nadi perifer atau memakai sfigmomanometer.
 
Rales:
 terdapat akibat sembab paru pada GJA.
 
Suara jantung:
 intensitas suara P2 akan meningkat jika terdapat hipertensi pulmonal. Suara S3 dan S4 akan terdengar yang menunjukkan adanya gagal jantung sistolik danlatau gagal jantung distolik. Bising jantung sistolik di apeks yang menunjukkan adanya insufisiensi mitral, akibat dilatasi bilik kiri atau disfungsi otot papilaris.

 
Baca Artikel Terkait  :



5 silahkan komentar :

  1. Tanya :
    kalau jantung saya berdetaknya kadang rasanya keras banget dan seperti sampai ke kepala. sakit banget.... tapi normal lagi... itu kira2 kenapa yah?
    www.obatherbalmurah.com

    ReplyDelete
  2. dok mau tanya.....
    2 hari ini saya merasa jantung saya terasa berdetak,,tp hanya 1x detak jantung tidak lama,, stelah itu menghilang dan begitu lagi setelah bbrapa menit kadang jam
    biasanya normal detak jantung tidak terasa sama sekali,, apakah itu normal,,
    rasanya di sekitar dada sampai di pangkal leher saja, dan itu terjadi cuma 1x detik aja

    ReplyDelete
  3. Tanya dong...
    Dokter Jantung yang bagus di RS Harapan Kita, dokter siapa ya?
    Kebetulan suami saya sudah beberapa saat ini sering sakit di dada kiri bahkan sampai ke punggung, gejala2nya seperti gejala jantung..
    Nah, sudah saya bawa ke Harkit, hasil observasinya memang ada gangguan di jantung..
    Tapi karena saya tidak tahu dokter yang bagus yang mana, akhirnya saya dapat dokternya yang sedikit bicara...

    Terima kasih sebelumnya atas informasinya..
    Powered by Telkomsel BlackBerry®

    ReplyDelete
  4. Gagal Jantung Kiri Akut merupakan gangguan multisistem akut karena fungsi bilik kiri jantung terganggu secara primer sehingga terjadi adaptasi hemodinamik dan neurohormonal yang bertujuan meningkatkan fungsi mekanik jantung,

    ReplyDelete
  5. Jujur gue takut banget kalo udah denger masalah penyakit jantung

    ReplyDelete

Silahkan memberikan informasi...