Halaman

Jenis Mikroskopik Kristal Urine

 Jenis Mikroskopis urinalysis?Kristal Kristal dalam urine,konsentrasi yang tinggi dan umumnya menghasilkan berbagai macam struktur kristal.


Kristal Sulfonamida 1
Kristal sulfonamida biasanya berwarna kuning dan sering menyerupai kristal asam urat. Namun, kristal sulfa mudah dibedakan dari asam urat dengan tes konfirmasi. ("old yellow newspaper" test). Kristal sulfa yang mudah larut dalam aseton dan menunjukkan tes dextrine / asam sulfat positif
Banyak obat diekskresikan dalam urin memiliki potensi untuk membentuk kristal. Oleh karena itu, tinjauan sejarah obat pasien berguna ketika sebuah kristal tak dikenal ditemukan.
Kristal Sulfadiazin 1
Kristal sulfadiazin adalah temuan umum dengan pemberian Trimethoprim-sulfadiazin. Mereka sering dianggap sebagai "kejutan gandum" atau spherules radial-lurik.

Kristal Kolesterol 1
Kolesterol crystalizes pelat empat persegi panjang seperti tipis dengan satu (kadang-kadang dua) dari sudut memiliki takik persegi. Penyebab adanya kolesterol mengkristal tidak jelas. Kristal ini terlihat pada penyakit ginjal degeneratif dan diduga memiliki arti klinis yang identik sebagai OFB. Kehadiran kristal kolesterol biasanya disertai dengan proteinuria, tetapi mereka hanya jarang terlihat.

Kristal Tyrosin 1
Kristal tirosin biasanya dilihat sebagai jarum halus kecoklatan, baik terisolasi atau sebagai mawar. Ini kadang-kadang dikaitkan dengan penyakit hati yang berat.
Kristal Leusin 1
Leusin kristal dilihat sebagai bulatan kuning dengan strias konsentris dan radial. Kristal-kristal kadang-kadang bisa salah untuk sel, dengan pusat menyerupai inti. Di bawah cahaya terpolarisasi, kristal leusin mengirimkan "Malta salib" pola interferensi.
Kristal dari asam amino leusin dan tirosin sangat jarang terlihat dalam sedimen urin. Kristal-kristal dapat diamati pada beberapa penyakit keturunan seperti tyrosinosis dan "Maple Syrup Penyakit". Lebih sering kita menemukan kristal ini bersamaan pada pasien dengan berat (sering terminal) penyakit hati.

Cystein 1
dilihat sebagai heksagonal datar piring berwarna. Mereka sering agregat dalam lapisan, dan pembentukan mereka disukai dalam urin asam.
Sistin kristaluria atau urolitiasis merupakan indikasi cystinuria, yang merupakan kesalahan metabolisme bawaan melibatkan cacat reabsorpsi tubulus ginjal asam amino tertentu termasuk sistin.

Ammonium Urat 1
Amonium urat (atau biurate) kristal umumnya muncul sebagai kuning-coklat, bola radial-lurik dengan teratur "apel duri-" atau "sapi-tanduk" proyeksi. Meskipun mereka dapat dilihat dalam urin asam, pembentukan mereka disukai di netral untuk urin alkali.

Asam Urat 1
Kristal asam urat mungkin muncul sebagai kuning untuk pelat belah ketupat atau heksagonal coklat, jarum atau mawar. Dengan pengecualian langka, menemukan kristal asam urat dalam urin adalah nilai klinis kecil. =

Triple Phosphat Struviet 1
Fosfat triple (struvite, Magnesium Fosfat Amonium) biasanya muncul sebagai kristal tidak berwarna, prisma-seperti "tutup peti mati". Mereka sering terlihat di urin dari individu klinis normal. Meskipun mereka dapat ditemukan dalam urin pH apapun, pembentukan mereka disukai di netral untuk urin alkali Infeksi saluran kemih dengan bakteri memproduksi urease (Proteus vulgaris misalnya) dapat mempromosikan struvite kristaluria (dan urolitiasis) dengan meningkatkan pH urin dan meningkatkan amonia bebas.

Amorf 1
Kristal amorf muncul sebagai agregat bahan butiran halus tanpa bentuk yang menentukan. Amorf urat Na, K, Mg atau Ca cenderung membentuk dalam urin asam dan mungkin memiliki warna kuning atau kuning-coklat. Fosfat amorf yang mirip dalam penampilan umum, tetapi cenderung membentuk dalam urin alkali dan warna kurang. Umumnya, tidak ada interpretasi klinis yang spesifik dapat dibuat untuk adanya kristal amorf.


INFO GAMBAR disIni

0 silahkan komentar :

Post a Comment

Silahkan memberikan informasi...